Dalam
berbisnis, sikap jujur perlu untuk dipegang. Sikap jujur akan mempengaruhi
kesuksesan bisnis. Selain itu, dari sisi konsumen hal itu merupakan bagian dari
hak konsumen yang diatur dalam Undang-undang Perlindungan Konsumen.
Ketika
akan mulai berbisnis, hal pertama yang perlu ditanamkan adalah niatnya.
Tanamkanlah niat yang baik, rumuskan visi, misi dan filosofi bisnis yang baik,
lalu jalankanlah bisnis dengan sikap jujur. Dengan demikian, kita tidak akan
mudah tergoda atau terjerumus dengan hal-hal yang bersifat materi, sehingga
menghalalkan segala cara untuk memajukan bisnis.
Kita
sendiri yang akan memetik hasil dari kejujuran tersebut. Dan kita pula yang
akan merasakan akibatnya jika tidak jujur dalam berbisnis. Kepuasan konsumen,
kesetiaan konsumen, dan tersebarnya bisnis Anda dari mulut ke mulut, merupakan
hasil yang akan Anda petik. Sementara itu, kekecewaan konsumen, rusaknya citra
bisnis, dan perginya konsumen, merupakan akibat yang akan terjadi jika bisnis
dijalankan dengan cara tidak jujur.
Salah
satu contoh kejujuran dalam berbisnis adalah: Dalam mengelola bisnis sebagai
dealer / agen pulsa elektrik semua operator tentunya cara yang ditempuh untuk
mendapatkan sub agen / reseller adalah dengan memberikan informasi seakurat
mungkin. Baik itu berkenaan dengan profil dealer / agen tersebut, maupun dengan
informasi harga yang aktual dan faktual.
Sebab,
banyak dealer / agen pulsa elektrik yang mati-matian menyampaikan iming-iming
besar yang ternyata setelah reseller tertarik dan bergabung, semuanya hanya
trik dusta yang sengaja dirancang untuk menarik calon reseller nya.
Berikut
adalah contoh perihal penipuan yang sangat sering dilakukan oleh dealer/ agen
pulsa elektrik semua operator :
1. Mereka sengaja menyembunyikan profil lengkap nya, sebagai
persiapan untuk menghindardari tuntutan dari kemungkinan - kemungkinan buruk
yang terjadi.
2. Harga yang sangat tidak wajar (contoh : harga dibawah 10.000
untuk pulsa as 10.000). semacam ini,
setelah melakukan deposit biasanya reseller diberikan batas saldo yang boleh di
gunakan, dan sisanya bisa di gunakan jika telah melakukan deposit berikutnya
dengan nominal yang lebih besar. Ini hanyalah strategi yang digunakan, agar nominal
korban jauh lebih besar.
3. Harga yang di promosikan, ternyata tidak sesuai dengan
kenyataan ketika korban sudah terdaftar sebagai reseller. Ini adalah kejahatan.
4. Memberikan pelayanan custemer service yang tidak ramah
sebagaimana yang dipromosikan.
5. Memberikan janji transaksi cepat, namun pelanggan harus
selalu menunggu beberapa menit, bahkan berjam-jam untuk dapat menikmati
pulsanya.
6. Stok yang sering kosong. Ini sangat bertentangan dengan
promo semua operator.
7. Setelah transfer sejumlah uang untuk deposit, ternyata
tidak segera diproses, bahkan tidak dikirim saldo sama sekali.
8. Dan lain-lain
Ini jangan sampai terjadi !!!
Dengan
jujur dalam berbisnis, maka kita akan menjalankan bisnis dengan tenang, serta
mengangkat harkat dan martabat kita. Dengan jujur dalam berbisnis, keuntungan
di dunia dan di akhirat akan kita peroleh. Oleh karena itu, mulai bisnis anda
dengan dasar kejujuran bersama kami, (baca selengkapnya)
0 komentar:
Posting Komentar